Gajah

*Tali gajah*

Ketika seorang lelaki berjalan melewati sekumpulan gajah, ia tiba-tiba berhenti.

Ia bingung dengan fakta bahwa makhluk-makhluk besar itu sedang diikat hanya dengan sebuah tali kecil yang terikat pada kaki depan mereka. Tidak ada rantai, tidak ada kandang.

Jelas sekali bahwa gajah boleh melepaskan diri dari ikatan mereka bila2 masa saja. Tetapi entah untuk beberapa alasan, mereka tidak melakukannya.

Dia melihat seorang pelatih di dekatnya dan bertanya kepada pelatih tersebut. “Mengapa gajah-gajah itu hanya berdiri di sana dan tidak berusaha untuk melarikan diri?”

“Ooo ketika mereka masih sangat muda dan jauh lebih kecil, kami menggunakan ukuran tali yang sama untuk mengikat mereka. Dan, pada usia tersebut, tali itu sudah cukup untuk menahan mereka. Saat mereka membesar, mereka didoktrinkan untuk percaya bahwa mereka tidak dapat melepaskan diri.

Mereka percaya bahwa tali tersebut masih boleh menahan mereka, sehingga mereka tidak pernah mencoba untuk membebaskan diri. ” Begitu penjelasan dari pelatih gajah tersebut.

Lelaki itu kagum. Gajah-gajah ini boleh saja setiap saat membebaskan diri dari ikatan tali mereka. Tetapi karena mereka percaya bahwa mereka *TAK BOLEH* , mereka hanya duduk diam dimana tempat mereka diikat.

*pengajaran*

Seperti gajah, berapa banyak dari kita yang menjalani hidup bergantung pada suatu keyakinan bahwa kita tak boleh melakukan sesuatu, hanya seba kita gagal sekali sebelumnya?

Kegagalan sebenarnya adalah part dari pembelajaran. Kita tidak boleh menyerah untuk berjuang di dalam hidup kita.

No comments:

Post a Comment

Punca dan Cara Buang Angin Dalam Badan Paling Berkesan!

Badan rasa berangin, mula rasa loya, pening dan nak muntah. Tapi tersekat. Ia juga boleh menyebabkan perut kembung akibat daripada angin ya...